4. Seputar Penerbitan

Bagaimana menerbitkan di Penerbit Memetika?
Penerbitan adalah proses produksi dari naskah ke arah cetak buku. Prosesnya itu dimulai dari ketersediaan naskah yang sudah Anda tulis lalu masuk ke proses editing, kemudian lay-out, cover, mengurus ISBN dan kelengkapan lainnya. Ada pula proses tambahan lain didalamnya yang mungkin Anda inginkan seperti ingin menambahkan ilustrasi, kata pengantar dan testimoni.
Dari proses-proses tersebut Anda bisa menyerahkannya kepada kami. Atau bisa jadi seluruh naskah tersebut sudah siap diolah langsung jadi buku karena Anda sudah bisa mengelolanya itu juga tidak masalah.
Bagi penulis yang sudah mahir atau yakin proses editingnya sudah tidak memiliki masalah, kami memberikan kebebasan untuk diedit sendiri. Sedangkan bagi penulis pemula kami sangat menyarankan agar ada proses editing. Sistem kerja editorial yang kami lakukan tidak akan sampai mengintervensi kepentingan-kepentingan personal Anda sebagai penulis, melainkan hanya bekerja di wilayah kontrol naskah.
Misalnya saja terdapat kesalahan huruf, ada logika yang keliru (yang tanpa disengaja) dan pembaca tidak bisa memahami arah tulisan, atau ada unsur-unsur SARA atau hal lain yang bisa bersifat menjurus ke arah pelanggaran hukum.
Sebagai penerbit tentu kami berusaha membuat naskah Anda bagus sehingga bisa dinikmati masyarakat. Ingat, kita sedang berhadapan dengan ribuan calon pembaca. Jangan kecewakan mereka yang sudah membeli dengan kualitas naskah yang buruk.

Berapa yang harus Anda keluarkan untuk biaya produksi di luar biaya cetak melalui jasa penerbit memetika?
Lay-out, Cover, Editing biasanya butuh biaya antara Rp 2,5-5 juta. Tetapi ada kalanya lebih murah bisa juga lebih dari itu. Hal ini nanti bisa dibicarakan secara lisan karena menyangkut pilihan dan kebutuhan dari Anda sendiri. Tarif  itu hanya gambaran umum saja. Kalau kemudian nanti kita cetak buku jumlah minimal (misalnya Rp 4 juta ditambah biaya produksi Rp 3 juta), maka hanya dengan uang Rp 7 juta, sudah cukup.

Bagaimana dengan status naskah Anda?
Penerbit Memetika memang lain dari yang lain. Kalau di penerbit konvensional ada aturan ketat berkaitan dengan kepemilikan naskah, seperti kontrak berapa kali terbit, pembagian royalti dan lain sebagainya, penerbit memetika tidak sulit. Karena Anda yang memodali, maka naskah milik Anda. (akan ditulis secara jelas, Hak Cipta ada ada pada penulis). Anda mau terbitkan memakai penerbit Memetika atau tidak juga tidak masalah. Kami hanya memfasilitasi. Soal jasa yang Anda berikan melalui Penerbit Memetika akan selesai setelah naskah diluncurkan.
Apakah kemudian Anda akan mencetaknya lagi di Penerbit Memetika atau tidak itu sepenuhnya hak Anda. Jadi, misalnya setelah dicetak melalui Penerbit Memetika, kemudian Anda ingin menerbitkan di luar juga bisa dilakukan. Namun demikian, logo Penerbit Memetika pastinya harus dihapus dan diganti dengan penerbit baru. Hal ini wajar mengingat tujuan Anda menerbitkan pastinya untuk mengganti nama penerbit baru tersebut.

Kalau di penerbit lain ada sistem royalti. Bagaimana di Penerbit Memetika?
Di Penerbit Memetika tidak perlu hitungan Royalti sebab 100% naskah itu hak Anda. Mengapa masih butuh royalti yang rata-rata cuma 10 persen? Anda tidak butuh lagi karena kandungan royalti yang 10 persen itu sudah ada dalam buku Anda itu. Jangankan 10 persen. Anda mau dapatkan semuanya juga bisa.  Cetak sendiri, terbit sendiri jual sendiri akan membuat Anda untung besar ketimbang sekedar dapat royalti. Penerbit Memetika sangat mendorong kepada para penulis  agar tidak sekedar mahir menulis, melainkan berani memodali sendiri dan akhirnya bisa kaya karena kemahiran berbisnis. Semoga sukses.

Buku apa saja yang bisa diterbitkan di Penerbit Memetika?
Semua jenis buku apa saja bisa. Sebagai penerbit alternatif Meme = Menerbitkan dan Menyebarluaskan agar semua mimpi Anda tercapai. Mari Meraih Mimpi bersama. Fiksi, Puisi, Ilmiah tulen, kajian ektinis, buku panduan, buku modul pembelajaran, dan lain sebagainya bisa.

Bagaimana hubungan dengan Penerbit Nuansa Cendekia, Distributor Nuansa dan Percetakan Nuansa Cendekia?
Hubungannya selalu baik. Kita patut berterimakasih dengan Nuansa Cendekia yang memberikan kepada Penerbit Memetika untuk bergerak sesuai dengan arah, gaya dan pola sendiri sehingga Anda bisa berkreasi bebas dan kreatif serta tampil berani.  Melalui penerbit Memetika inilah Nuansa Cendekia memberikan banyak kesempatan, termasuk kesempatan menjadi penulis yang bermental wirausahawan karena berani mengeluarkan modal dan belajar memahami dunia pemasaran langsung melalui praktik.

Kalau misalnya Anda menginginkan Logo penerbit Nuansa Cendekia, apakah itu bisa dengan cara memodali sendiri?
Sebagai mitra kerjasama peluang itu ada. Tetapi kita tahu penerbit Nuansa Cendekia itu penerbitan konvensional yang memiliki aturan khusus sehingga mengenai kontrak dan lain sebagainya mesti menyesuakan dengan aturan mainnya. Kurang lebih aturan mainnya sama dengan penerbit konvensional lain. Penerbit Memetika bisa lebih bebas untuk Anda, bahkan lebih cepat. Misalnya dalam hal seleksi naskah kalau melalui Penerbit  Nuansa Cendekia antrinya berbulan-bulan, melalui penerbit Memetika bisa lebih cepat. 
Bagaimana aturan pembayaran biaya produksi, cetak, distribusi dan hal-hal yang terkait dengan jasa Penerbit Memetika?

1.   Uang muka 50% dari total biaya produksi dan cetak diserahkan bersamaan dengan penyerahan naskah. (Perjanjian tertulis melalui kwitansi)
2.   Uang penggenapan dilakukan setelah buku selesai diterbitkan. Buku yang Anda terbitkan itu bisa diambil setelah Anda melakukan pembayaran lunas. (Tidak ada ikatan utang-piutang)
3.  Bagi buku yang akan diambil untuk dijual sendiri, mekanisme mengambilan buku untuk jumlah di atas 400 eks  akan diantar jika itu berada di wilayah Kabupaten Bandung dan Kota Bandung.
4.  Untuk permintaan antar luar kota bisa melalui layanan pengiriman bagian distributor Nuansa Cendekia. Harga mengacu pada sistem paket yang berlaku melalui jasa pengiriman paket. Atau bisa juga diambil sendiri langsung. (f)

2 komentar:

  1. tentang pemasaran bagaimana? apakah dipasarkan sendiri atau penerbit yg memasarkan, supaya bisa ada di toko buku terkenal (misal gramedia) bagaimana caranya?
    terima kasih

    BalasHapus
  2. bisa total dipasarkan sendiri, bisa total dititipkan melalui distributor nuansa cendekia. Bisa pula sebagian dipasarkan sendiri, sebagian dititipkan. Jadi itu soal pilihan saja. Semua pilihan bisa dipilih oleh penulis sendiri. Kalau ingin nitip dipasarkan ke toko2 buku Gramedia, togamas, gunung agung dll, nuansa memberikan fasilitas untuk itu.

    BalasHapus