3. Jenis buku yang bisa diterbitkan


Jenis buku apa saja yang bisa diterbitkan?
Semua jenis buku apa dari dua kategori utama, Fiksi dan Non  Fiksi. Misalnya Novel, Puisi, How-to, ilmiah, ilmiah-popular, kedokteran, kesehatan, keluarga, teknis, humor, agama, pendidikan, agribisnis, pertanian, peternakan, wacana, sains, biografi, olahraga, kerajinan tangan, dan lain sebagainya.


Jenis Fiksi: Jenis ini tergolong banyak masuk dapur redaksi penerbit konvensional. Saking banyaknya para penerbit kesulitan menerbitkannya. Para penulis fiksi, terutama penulis fiksi pemula sering dibuat bingung mengapa naskahnya yang terasa bagus dan secara kualitas memiliki nilai kesamaan dengan fiksi yang sudah terbit tetapi naskahnya tidak diterbitkan. Kalau Anda mengalami hal ini janganlah berkecil hati. Silahkan terus berusaha mengirim naskah tersebut ke beberapa penerbit. Barangkali hanya soal kesempatan saja yang belum bisa. Namun kalau Anda merasa naskah Anda laku jual tidak ada salahnya sedikit nekad memodali sendiri. Buktikan keyakinan  Anda melalui cara yang sedikit spekulatif ini. Perlu dicoba daripada harus terus boros menghabiskan biaya untuk prin-out dan pengiriman. Barangkali dengan modal antara (Rp 8-12 juta untuk 1.000 buah buku) naskah Anda bisa bernasib baik di pasar buku nasional bersaing dengan karya penulis lain.

Puisi. Naskah ini juga banyak ditolak penerbit karena alasan mendasar sulit laku. Selain itu karena biasanya naskah sangat tipis (memakai model cetakan staples) banyak toko buku yang menolaknya.  Namun kalau Anda punya keyakinan untuk menjualnya sendiri itu tidak masalah. Hanya saja sangat disarankan tebal buku diperhatikan supaya saat Anda menitipkan melalui distributor buku masuk kategori layak diterima di toko-toko buku besar. Prakiraan modal cetak dan produksi buku ini biasanya berkisar dari angka Rp 4-8 juta. Untuk buku tipis barangkali cukup 3 juta.

Buku ilmiah dan ilmiah popular. Para dosen atau guru banyak yang mengalami kesulitan mengurus naskah ini karena antrean di redaksi penerbit umum begitu melimpah. Dengan cukup modal  Rp 8juta saja naskah bisa diterbitkan. Biasanya sebagian bisa diterbitkan sendiri, sebagian diedarkan melalui jalur konvensional.

Buku Motivasi. Sekalipun banyak penerbit menerima naskah jenis ini tetapi tetap saja sebagian dari penulis harus antre, bahkan harus kesana kemari melempar naskah sampai akhirnya bisa terbit. buku ini memang sedang trend untuk 3 tahun terakhir ini. Kalau Anda termasuk yang optimis bisa laku dan merasa bisa menjual untuk beberapa ratus eks barangkali juga perlu mencoba jalur model terbit dan cetak sendiri. Modalnya variatif. Bisa cukup dimulai dari angka Rp 8juta.

Buku panduan: Jenisnya sangat beragam, mulai dari urusan masak, bertani, beternak, main game, komputer/internet, kesehatan, agama (praktis) dan lain sebagainya tetap punya peluang di pasar. Sekalipun persaingan sangat luar biasa tetapi segmen ini cukup stabil dari tahun ke tahun. Kalaupun tidak laris banget minimal laku stabil. Terbit bukunya bisa tipis bisa tebal. Anggaran bisa dimulai dari Rp 8 juta.[]

(Catatan: Gambaran harga di atas hanya sebagai cara analisa secara umum, bukan sebagai patokan. semua kebutuhan produksi penerbitan dan cetak sangat bervariatif. Selalu dihitung atas dasar kebutuhan, selera dan bahan baku, terutama kertas. Bisa lebih mahal, bisa pula lebih murah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar