2. Bagaimana Supaya Naskah Anda Terbit?

Banyak naskah bagus, menarik dan memiliki peluang best-seller di pasar buku. Namun karena  sulit menerbitkan melalui jalur penerbitan konvensional akhirnya naskah-naskah tersebut hanya numpuk di file komputer penulis.
Apakah naskah Anda bernasib seperti itu?
Kalau itu dibiarkan berlarut-larut bisa jadi kreativitas Anda macet gara-gara naskah tidak pernah terbit. 

Bagaimana supaya terbit lebih cepat dan juga bisa beredar luas melalui toko-toko buku besar?
Caranya, bawa naskah Anda ke Penerbit Memetika. Cara cepat bisa dilakukan dengan cukup modal produksi (lay-out, cover, ISBN dan kelengkapan lain) serta modal biaya cetak sendiri. Dengan cara ini, asalkan punya modal yang cukup (dan itu tidak mahal), naskah Anda akan segera terbit. Karena modal percetakan dibiayai oleh penulisnya sendiri, maka fungsinya Penerbit Memetika adalah untuk menaungi naskah Anda secara legal. Sedangkan kepemilikan naskah itu 100 persen milik penulis.  Dalam hal kepemilikan aset pada naskah yang diterbitkan, para penulis tidak perlu berurusan dengan royalti, melainkan bisa mengambil keuntungan lebih dari penjualan. Inilah yang membedakan Penerbit Memetika dengan penerbit lain.

Bagaimana memasarkannya? Bukankah untuk menyebarkan penjualan melalui toko-toko buku besar itu sulitnya minta ampun?
O, tentu kita akan memberikan pelayanan dalam hal ini. Melalui hubungan relasi yang baik, Distributor Nuansa Cendekia Buku bisa menjadi mitra kerjasama Anda lewat jalur Penerbit Memetika ini agar naskah Anda punya kesempatan beredar di ratusan toko buku di Indonesia seperti Gramedia, Togamas, Gunung Agung, dan lain sebagainya.

Bagaimana kalau sebagian buku dijual oleh penulisnya sendiri?
Ya. Itu sangat bagus. Kami punya visi agar para penulis juga bekerja seperti laiknya wirausahawan. Tidak sekedar bisa produksi, melainkan juga bisa menjual sendiri. Bahkan dengan kemampuan menjual sendiri laba dari penerbitan itu bisa Anda urus dan nikmati sendiri. Nah, dengan dua model penjualan (sebagian dijual sendiri dan sebagian diserahkan melalui distributor Nuansa Cendekia) itu Anda bisa lebih banyak menikmati keuntungan dibanding sekedar mendapat royalti yang kirasannya hanya 7-12 persen.
Jangan biarkan impian Anda untuk memiliki karya terhenti hanya karena tidak ada penerbit yang berminat menerbitkan,- sementara Anda punya keyakinan naskah Anda layak tampil ke panggung sejarah perbukuan Indonesia. Penerbit Memetika memberikan jalan keluar.[f]

Lebih jelas bacalah bagian lain "seputar penerbitan dan seputar percetakan" dalam blog ini.

3 komentar:

  1. Wah, menarik juga...jadi penulis selain bertindak sebagai 'produsen' gagasan via tulisan juga terlibat aktif dalam pemasaran...Bagus, tuh, untuk menempa diri jadi entrepreneur 24 karat!

    BalasHapus
  2. menarik sekali. saya baru terlahir sebagai seorang penulis. banyak yang bertanya mau dipakan tulisan yang saya tulis setiap hari itu. dan saya hanya bungkam sambil berkata pada dinding hati, "kelak kau akan lihat diriku dan berkata dia sahabatku" sebab saya yakin dengan apa yang saya lakukan itu pasti ada tujuan. tentulah untuk dibaca oleh orang.

    BalasHapus
  3. Kebetulan teman saya mau menerbitkan buku tapi blm ada yang bisa nerbitin dan modalnya mungkib gak ada, siapa tau memetika bisa bantu. oya kalau untuk urusan mencetak bisakan dari pia penulis sendiri, jadi memetika hanya sebagai pelindung ilegal saya? trima kasih

    http://supriatna87.blogspot.com/2011/07/top-1-oli-sintetik-mobil-motor.html

    BalasHapus